Cara Mudah Menaikkan/Menurunkan Nada Chord Gitar Sebuah Lagu



Asalamualaikum wr wb.
Halo sobat Chord Iyanz14!
Okay, kali ini gue mau coba share Cara Mudah Menaikkan/Menurunkan Nada Chord Gitar Sebuah Lagu (harus udah menguasai kunci dasar sama gantung). Biasanya gue pake cara ini kalau misalkan lagu yang pengen gue nyanyiin nadanya terlalu tinggi (enggak kejangkau sama suara gue). Jadi kita bisa mengubah chord gitarnya supaya nadanya bisa pas dan nyaman di nyanyiin sama kita, tanpa nadanya meleset sedikitpun. Jangan males baca kalau mau ngerti!
Sebelum ke tkp gue mau ngasih tau dulu urutan maju chordnya.
Major = Bb - F - C - G - D - A - E - B - F# - C# - G# - D# - A#(Bb)
Minor = Bbm - Fm - Cm - Gm - Dm - Am - Em - Bm - F#m - C#m - G#m - D#m - A#m(Bbm)

Noh yang diatas itu urutan maju Chord Gitar secara sistematis yang gue tau dari bapak gue. Urutan chord (kunci gitar) diatas berguna untuk memudahkan kita menaikkan/menurunkan nada chord gitar sebuah lagu.
Kalau naik setengah nada gue tau, cuma agak beda dari urutan yang di atas, kalau naik setengah nada di majuin/geser chordnya 1 balok/fret dari chord sebelumnya.

Urutan Naik Setengah Nada (Kalo urutan turunya tinggal di balikin aja):
Major = Bb - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A#(Bb)        
Minor = Bbm - Bm - Cm - C#m - Dm - D#m - Em - Fm - F#m - Gm - G#m - Am - A#m(Bbm)

Sekarang Naik 1 nada, di lewat 1 chord (geser chordnya 2 fret dari chord sebelumnya), lah kok gitu? Sekarang kita pikir pake logika aja. Liat dah tuh yang nada major naik setengah nada cuma pindah 1 fret dari fret sebelumnya (dari Bb ke B) nah tuh udah naik setengah nada kan? tinggal naikin lagi setengah nada, berarti dari B geser 1 fret, jadi chord C.  Beres kan gk susah? Ngerti? Pusing? Bingung? Woles ae nanti juga bisa. Baca secara teliti!
Urutan Naik 1 Nada (Kalo urutan turunya tinggal di balikin aja):
Major = Bb - C - D - E - F# - G# - A#(Bb)       
Minor = Bbm - Cm - Dm - Em - F#m - G#m - A#m(Bbm)
      
Sudah cukup itu aja teori yang gue tau dari bapak gue, tapi manjur loh! (y). Yang paling penting harus hafal dulu tuh urutan maju chord yang pertama (yang paling atas tuh ^ (kalau urutan mundurnya ya tinggal dibalikin aja)), kalau yang naik setengah nada dan 1 nada cukup hafal di lewat berapa chordnya aja biar gak pusing atau juga di lewat berapa fret. Asal hafal urutan chord yang paling atas tuh, insyaallah yang setengah nada dan 1 nada juga bisa. Kalau udah hafal semua urutannya diijamin ga usah pake tulis tulis segala buat nentuin chord yang mau diubah, tapi tinggal feeling aja yang main.

Okeh waktunya ke tkp!
Sekarang kita coba mengubah chord gitar. Semisal lagunya BCL - Karena Kucinta Kau, kita ambil di reffnya aja.
Chord Asli:

F#                 G#m
Saat kau ingat aku ku ingat kau

C#                 F#
Saat kau rindu aku juga rasa


Sekarang kita turunin setengah nada.

F                  Gm
Saat kau ingat aku ku ingat kau

C                  F
Saat kau rindu aku juga rasa


Sekarang kita turunin 1 nada dari chord asli:

E                  F#m
Saat kau ingat aku ku ingat kau

B                  E
Saat kau rindu aku juga rasa

Mengerti? Masih belum? Silahkan diselediki terlebih dahulu dari mana chord-chord tersebut diperoleh. Gampang ko, kalau udah ngerti berarti udah bisa.
Untuk urutan naiknya kita ambil nada awal lagu BCL - Karena Kucinta Kau.
Kita ambil nada dasar D:

D        Bm                G
Jika ada yang bilang ku lupa kau

            D
Jangan kau dengar


Naik Setengah Nada:

D#      Cm                 G#      
Jika ada yang bilang ku lupa kau

            D#
Jangan kau dengar



Sekarang kita naikin 1 nada dari nada dasar D:

E        C#m               A        
Jika ada yang bilang ku lupa kau

            E
Jangan kau dengar.

Sudah paham? Alhamdulilah jika kalian sudah paham. Yang belum jangan menyerah, coba baca secara teliti dan seksama, yang pasti sambil dipraktekin di gitar. Bagi yang sudah paham coba kalian coba-coba menaikkan atau menurunkan nada chord gitar sebuah lagu.

Nah sekarang gue mau sharing cara ngubah jalur chord gitar yang ada. Contohnya, seorang cewe mau nyanyiin lagu cowo dan sebaliknya, kan suara cewe sama cowo beda tuh, jadi cewe yang mau nyayi lagu cowo atau sebaliknya pasti akan kesulitan untuk menggapai nadanya. Nah disini gue mau mempermudahnya, dengan mengubah jalur chordnya. Didalam hal ini urutan chord yang paling atas yg gue bikin bakal berguna banget, dan yang pasti kita harus mengetahui dulu kunci dasar dari lagu tersebut (untuk mendapatkannya, feeling yang bermain). Untuk hal ini yang sangat berpengaruh pada hasil nada yang di ubah adalah kunci dasarnya. Jika kunci dasar yang kalian ubah tidak pas dengan suara kalian, percuma saja kalian mengubahnya, karna akan berpengaruh pada tinggi/rendah nada yang dihasilkan.

Oke cukup basa-basinya kita coba mulai mengubah chord.
Kita ambil reff lagu Drive - Melepasmu.

Chord Asli (Kunci Dasar C):

     C                G
Semakin ku menyayangimu

            Dm      Am     G        C
Semakin ku harus melepasmu dari hidupku.

Untuk cowo gue rasa ini nada yang paling pas buat dinyayiin karna nada untuk cowo.
Nah untuk cewe pasti agak kurang nyaman dengan nada chordnya, nih gue coba ganti chordnya.

Kunci dasar menjadi F, mundur satu kunci dari C ke F (Liat urutan chord gitar yang paling atas).   

     F                C
Semakin ku menyayangimu

            Gm      Dm     C        F
Semakin ku harus melepasmu dari hidupku.

Sekarang cowo yang nyayiin lagu cewe. Contoh, kita ambil reff lagu Agnes Monica - Matahariku.
Gm           Dm               D#    Bb
Dengarlah matahariku, suara tangisanku

Cm                                   D
Ku bersedih karna panah cinta menusuk jantungku - See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2013/12/chord-gitar-agnes-monica-matahariku.html#.U_CiXlf5mNI
Gm           Dm               D#    Bb
Chord Asli (Kunci Dasar Gm):

Gm           Dm               D#    Bb
Dengarlah matahariku, suara tangisanku

Cm                                   D
Ku bersedih karna panah cinta menusuk jantungku - See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2013/12/chord-gitar-agnes-monica-matahariku.html#.U_CiXlf5mNI
Gm           Dm               D#    Bb
Gm       Dm         D#   Bb
Dengarlah matahariku, suara tangisanku

Cm                     D
Ku bersedih karna panah cinta menusuk jantungku 

Sekarang kita ubah supaya nyaman di suara cowo (Kunci dasar menjadi Dm (Maju satu kunci dari Gm ke Dm, liat urutan chord yang paling atas)):
Dm       Am         Bb    F
Dengarlah matahariku, suara tangisanku

Gm                     A
Ku bersedih karna panah cinta menusuk jantungku.

Gimana kurang pas? masih tinggi? Berarti kita turunin kunci dasar chord aslinya dari Gm berubah menjadi Cm.
Cm       Gm         G#   D#
Dengarlah matahariku, suara tangisanku

Fm                      G
Ku bersedih karna panah cinta menusuk jantungku.

Postingan ini spesial gue buat di Hari Kemerdekaan Indonesia =D.
Akhir kata gue ucapin terima kasih dan semoga bermanfaat!
Waalaikumsalam wr. wb.
Yang mau nanya, tinggal komen aja!
F#         D#m                         B
Jika ada yang bilang ku lupa kau

                   F#
Jangan kau dengar
- See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2014/06/chord-gitar-bunga-citra-lestari-karena-ku-cinta-kau.html#.U_BUkVf5mNI
F#                          G#m
Saat kau ingat aku ku ingat kau - See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2014/06/chord-gitar-bunga-citra-lestari-karena-ku-cinta-kau.html#.U-9LQ1f5mNI
F#                          G#m
Saat kau ingat aku ku ingat kau

C#                          F#
Saat kau rindu aku juga rasa - See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2014/06/chord-gitar-bunga-citra-lestari-karena-ku-cinta-kau.html#.U-9LQ1f5mNI
F#                          G#m
Saat kau ingat aku ku ingat kau

C#                          F#
Saat kau rindu aku juga rasa - See more at: http://iyanz14.blogspot.com/2014/06/chord-gitar-bunga-citra-lestari-karena-ku-cinta-kau.html#.U-9LQ1f5mNI

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menaikkan/Menurunkan Nada Chord Gitar Sebuah Lagu"

Posting Komentar