MAKALAH INDRA PENGLIHATAN (MATA)

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Indera adalah kumpulan dari reseptor yang membentuk organ atau alat khusus.sedangkan reseptor adalah ujung syaraf yang berfungsi untuk menerima rangsang, propioseptor adalah kumpulan reseptor yang tidak membentuk alat khusus.
              Mata adalah alat indra penglihat yang di dalam nya terdapat jaringan-jaringan indera penglihatan tersebut berpotensi menimbul kan penyakit atau kelainan dalam penglihatan.
              Alat indera penglihat pada manusia adalah mata. Indera penglihat (mata) disebut juga fotoreseptor karena mata sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Mata memiliki sejumlah reseptor khusus untuk mengenali perubahan sinar dan warna.

B.       Permasalahan

Adapun permasalahan yang terlihat dari pembahasan indera penglihata adalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan indera penglihat (mata)?
2.      Jelaskan bagian-bagian mata dan fungsinya?

 BAB II
PEMBAHASAN

A.      Indra Penglihat (Mata)

              Mata adalah indra penglihat. Bentuk mata seperti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak di dalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi. Jadi, mata terlindung oleh kedua tulang tersebut. Mata mempunyai bagian-bagian yang terletak di luar dan di dalam mata.
              Bola mata sendiri dilindungi oleh selaput tipis, kelopak mata, rambut mata, dan kelenjar air mata. Kelopak mata berguna untuk berkedip, sehingga bola mata akan terhindar dari kotoran atau benda-benda kecil lainnya. Bulu mata untuk melindungi mata dari debu ketika membuka mata. Alis untuk menghalangi jatuhnya keringat dari kepala ke mata, sedangkan kelenjar air mata untuk menghasilkan air mata. Air mata tersebut berguna untuk membersihkan kotoran yang terdapat di permukaan bola mata dan menjaga mata dari kekeringan. Bagian mata yang berwarna disebut iris. Orang Indonesia umumnya memiliki iris yang berwarna cokelat. Di bagian tengah terdapat bulatan berwarna hitam yang dinamakan pupil. Pupil merupakan pintu masuk cahaya. Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang dan membesar jika berada di tempat gelap. Pada bagian depan iris dan pupil terdapat kornea. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea berfungsi untuk memfokuskan dan mengatur cahaya yang masuk. Lensa mata berfungsi untuk membentuk bayangan benda yang dilihat. Retina berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda yang dilihat
              Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan ke otak. Otot mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

B.       Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya


Bagian luar mata
              Mata memiliki alat-alat pelindung agar tidak rusak terkena cahaya matahari maupun udara. Bagian pelindung mata terdiri dari alis, kelopak mata, dan bulu mata.
• Alis berada di atas mata. Alis berfungsi sebagai penahan keringat agar tidak   masuk ke mata.
• Kelopak mata membantu mata ketika terpejam atau berkedip. Tujuan mata terpejam adalah agar mata bisa beristirahat. Adapun mata berkedip bertujuan untuk menjaga mata agar tetap lembap dan juga mendorong kotoran keluar dari mata.
• Bulu mata berfungsi sebagai pelindung mata dari cahaya matahari agar mata tidak silau

Bagian dalam mata

            Kita dapat melihat   benda karena benda itu memantulkan cahaya atau sinar   ke mata kita.   Bagaimana caranya? Mata kita yang tampak dari luar berupa bulatan putih dengan bagian tengah yang bulat dan seringkali berwarna hitam ternyata memiliki bagian-bagian. Bagian-bagian bola mata itu adalah :
1.  Selaput tanduk (kornea) yaitu selaput bening di bagian depan bola  mata yangberguna untuk melewatkan cahaya yang masuk dari luar.
2.   Selaput pelangi (iris) adalah bagian mata yang mengandung zat  warna (hitam,   cokelat, hijau, atau biru).
3.  Anak mata (pupil) yaitu lubang pada bagian tengah iris yang berguna  dalam mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk.
4.  Lensa mata, dapat menjadi cembung atau pipih berguna dalam  mengatur pembentukan bayangan.
5.  Selaput keras (sklera) yaitu bagian terluar dari bola mata yang berguna  untuk melindungi bagian dalam bola mata.
6.  Selaput koroid yaitu bagian tengah bola mata yang berupa selaput  tipis, di dalamnya terdapat banyak saluran darah. Berwarna cokelat  karena banyak mengandung zat warna (pigmen).
7.  Selaput jala (retina) yaitu bagian terdalam dari bola mata, berguna  untuk menangkap bayangan.
8.  Bintik kuning yaitu daerah yang sangat mudah menerima cahaya yang  masuk.


BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan

Mata adalah alat indra penglihat yang di dalam nya terdapat jaringan-jaringan indera penglihatan tersebut berpotensi menimbul kan penyakit atau kelainan dalam penglihatan. Alat indera penglihat pada manusia adalah mata. Indera penglihat (mata) disebut juga fotoreseptor karena mata sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Mata memiliki sejumlah reseptor khusus untuk mengenali perubahan sinar dan warna.

A.      Saran

Demikian makalah ini penulis selesaikan sebagai salah satu tugas mata pelajaran Biologi. Namun, penulis sebagai penyusun menyadari terdapat kekurangan.
Dari itu, penulis sangat mengharapkan dari pembaca, pendengar maupun guru pembimbing mata pelajaran ini, untuk turut serta dalam memberikan kritik yang membangun dan saran yang baik tentunya agar kedepannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "MAKALAH INDRA PENGLIHATAN (MATA)"

Post a Comment