PENGERTIAN HEMOLISIS

PENGERTIAN
Hemolisis adalah kerusakan atau penghancuran sel darah merah karena gangguan integritas membran sel darah merah yang menyebabkan pelepasan hemoglobin.

PENYEBAB
Hemolisis dapat disebabkan karena penurunan tegangan permukaan membrane sel dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pelarut organik, saponin, garam empedu, sabun, enzim, dan faktor lain yang merusak komplek lemak-protein dari stroma. Faktor hemolisis ini ditemukan pada bisa ular famili Elapidae

GEJALA
Gejala dari anemia hemolitik mirip dengan anemia yang lainnya. Kadang-kadang hemolisis terjadi secara tiba-tiba dan berat, menyebabkan krisis hemolitik, yang ditandai dengan:
- demam
- menggigil
- nyeri punggung dan nyeri lambung
- perasaan melayang
- penurunan tekanan darah yang berarti.

PENGOBATAN
1.      Terapi transfusi
·      Hindari transfusi kecuali jika benar-benar diperlukan, tetapi mereka mungkin penting bagi pasien dengan angina atau cardiopulmonary terancam status.
·      Administer dikemas sel darah merah perlahan-lahan untuk menghindari stres jantung.
·      Gunakan paling tidak kompatibel transfusi darah jika ditandai. Risiko hemolisis akut dari transfusi darah tinggi, tetapi derajat hemolisis tergantung pada laju infus.. Perlahan-lahan memindahkan darah oleh pemberian unit setengah dikemas sel darah merah untuk mencegah kehancuran cepat transfusi darah.
·      Iron overload dari transfusi berulang-ulang untuk anemia kronis (misalnya, talasemia atau kelainan sel sabit) dapat diobati dengan terapi khelasi. Tinjauan sistematis baru-baru ini dibandingkan besi lisan chelator deferasirox dengan lisan dan chelator deferiprone parenteral tradisional agen, deferoxamine. 10

2.      Menghentikan obat
·       Obat yang dapat menyebabkan hemolisis kekebalan adalah sebagai berikut:
Penisilin, Sefalotin, Ampicillin,   Methicillin,  Kina, Quinidine

PENCEGAHAN
ü Atasi syok, pertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit, perbaiki fungsi ginjal.
ü Terapi suportif-simptomatik: Selain itu perlu juga diberi asam folat 0,15-0,3mg/hari untuk mencegah krisis megaloblastik.
ü Terapi kausal: Mengobati penyebab dari hemolisis, namun biasanya penyakit ini idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) dan herediter (bawaan) sehingga sulit untuk ditangani. Pada thalasemia, transplantasi sumsum tulang bisa dilakukan.

Komplikasi Hemolisis

Komplikasi berat yang mungkin terjadi akibat hemolisis diantaranya adalah:

Infeksi, Radang paru – paru, Kerusakan mata, hipertensi arteri paru-paru (peningkatan tekanan dalam paru-paru), Ulcer, Gagal ginjal, Gagal jantung, Kanker, Kelainan darah, Nyeri sendi, Radang selaput otak, Gangguan sistem imun, Batu empedu.

Referensi

Ahmad Yasin  (2015). Hemolisis Adalah Kerusakan Atau Penghancuran. http://www.scribd.com/doc/220425009/Hemolisis-Adalah-Kerusakan-Atau-Penghancuran#scribd. Diakses tanggal 19 Agustus 2015, Pukul 20.13 Wib.

Admin (2015). Gejala Hemolisis. http://www.spesialis.info/?gejala-anemia-hemolitik,560.  Diakses tanggal 19 Agustus 2015, Pukul 20.30 Wib.


Admin (2015). Kamus Kesehatan. http://kamuskesehatan.com/arti/hemolisis/. Diakses tanggal 19 Agustus 2015, Pukul 20.30 Wib.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENGERTIAN HEMOLISIS"

Post a Comment