5 Strategi Khusus Usaha Fotocopy Dengan Modal Sedikit

Bagi kamu berjiwa muda dan memiliki imajinasi tinggi dan kreatifitas yang konkrit, akan menjadikanmu sukses di usaha foto copy, pasalnya kamu tidak perlu mengadopsi lagi teori lama yang banyak kamu temukan di internet yang membuat kamu bingung harus mulai dari mana, dalam mengembangkan usaha fotocopy kamu, kamu tidak perlu capek-capek melakukan promosi besar-besaran, tidak perlu bersaing terlalu tinggi dangan harga jual di usahamu, tidak perlu harus memiliki jaringan atau kenalan dengan instansi pemerintah, tidak perlu menerapkan layanan spesial seperti antar jemput fotocopy (seperti budaknya pelanggan aja), tidak perlu pula menerapkan adanya perubahan harga jika foto copy melebihi 100 lembar.

Strategi Khusus Usaha Fotocopy Dengan Modal Sedikit

Itu semua tidak pernah saya lakukan dalam menjalankan usaha foto copy saya.


Apakah karena saya tidak menerapkan hal-hal yang tersebut diatas membuat usaha foto copy saya down...? insya Allah tidak, hampir tiga tahun saya mengguluti usaha foto copy, namun demikian saya masih merasakan hingga saat ini manis nya omzet dari usaha foto copy yang hanya dengan modal sedikit.

Mungkin limas alasan strategi khusus usaha foto copy, dapat menjawab pernyataan kontroversi saya diatas.



  1. Jika orang lain mengatakan membuka usaha fotocopy harus dengan modal yang besar, menurut saya tidak, hanya bermodalkan 1 unit mesin foto copy Canon IR5000, satu unit Computer dengan kapasitas penyimpanan 350Gb, Ram 8 Gb, DDR3, Printer Epson disertai Scanner, Rak ATK, belanja ATK, jika di di jumlah kan urutan modal awal yang perlu dikoceh hanya berkisar antara 50 jutaan, tak perlu saya urutkan karena sudah banyak blog yang mengulas begitu panjang artikelnya tentang modal awal usaha fotoocpy.
  2. Tidak perlu menghabiskan uang untuk promosi yang percuma, promosi percuma adalah dimana kita melakukan promosi yang lebay seperti membuat layanan khusus untuk fotocopy diatas 100 lembar akan mendapatkan potongan harga, menurut saya itu hanya buang-buang kertas aja.
  3. Disini lah kita akan masuk point paling penting, sebelum membuka usaha fotocopy pastikan kamu sudah mengusai pengoperasian komputer, seperti harus sangat mengerti menjalankan MS.WORD, MS. EXCEL, Power Poin Gak penting kali ya. Terus apalaghi ya, ....?? hmm, yang tidak kalah penting nya lagi adalah PhotoShop, Corel Draw, Nero Burning, Nitro PDF, mampu menggunakan internet dengan cerdas, mulai dari membuat email baru, main facebook, membuat blog dll.
  4. Harus mempunyai jaringan internet, minimal pake modem lah, biar uptodate gitu, maksud saya itu adalah saat seorang pelanggan datang meminta kita untuk melakukan ini dan melakukan itu, maka kita harus sanggup dan siap siaga melakukan itu, seperti pendfataran PUPNS kalo lagi musimnya, pendaftaran Kerja Online kalo lagi musimnya cari RPP di internet kalo ada pelanggan seorang guru sekolah, tau kan pasti banyak tu guru-guru di indonesia tidak mampu menyusun sendiri RPP nya, yah waktu habis kuliah aja dia bayar orang buat nyusun Skripsinya (maaf ya kalo tersinggung, emang ini faktanya).
  5. Nah sampai pula kita ke yang terakhir ni, di komputer kita harus ada berbagai draft contoh surat, baik itu surat desa, surat kecamatan, surat kedinasan, surat permohonan, dan sebagainya, kalo kamu belum punya silakan ketik di kotak pencarian blog ini (thefikkar) contoh surat apa yang kamu butuhkan pasti ada disini, kalo pun tidak ada silakan post komentar kamu di kolom komentar, insya Allah akan saya postkan. Karena ini adalah point terakhir maka akan saya bagikan strategi khusus usaha fotocopy dengan modal sedikit yang sedang saya terapkan saat ini di dunia nyata saya. Kenapa kamu harus mahir MS. Word dan MS. Excel, karena kamu akan terus menulis berbagai contoh surat untuk pelanggan kamu akan menjadi nilai tersendiri jika kamu sudah menyimpan draft berbagai contoh surat di komputer kamu sehingga pelanggan mu tidak perlu menunggu lama-lama saat kita mengetik surat (harga selembar ketikan saat ini rata-rata 3 ribu/lemar). Mengapa kamu perlu mahir Photoshop,...? iya, ini adalah rahasia saya sukses di usaha photocopy, dengan photoshop saya bisa cetak foto pelanggan saya, ini adalah kesinambungan dari kita bisa membuat berbagai contoh surat tadi, karena orang itu sudah membuat sebuah surat permohonan/proposal apa saja, maka dia juga akan mencetak foto untuk di lampirkan dalam permohonannya, dengan demikian pelanggan akan senang hati dengan ketersediaan barang, tenaga, dan kreatifitas anda di toko anda, maka dia akan merekomendasikan ke anak-nya atau tetangganya atau kerabatnya untuk datang ke toko kita jika ada keperluan terkait dengan foto copy, seperti mencetak pas photo, studio foto (kenapa dia tau di tempat kita ada juga studio foto, ya karena kita sudang berbincang tadi dengannya saat sedang membuat surat permohonannya tadi), siap mengetik berbagai contoh surat dengan waktu tunggu yang sedikit, siap mengolah-ngolah file hasil scanner dengan photoshop, seperti mengubah tanggal lahir di KTP, di KK, di Ijazah dan lain-lain (bodoh amat dengan peraturan tidak boleh scannig ini itu, orang yang buat KTP cs di kantor catatan sipil goblok semua, bikin masyarakat miskin yang minim ongkos untuk datang bolak-balik ke kantor susah aja, pengalaman saya sendiri ini ya, saya buat Kartu Keluarga di Capil uda 3 kali perbaiki masih aja salah, entah gimana tuh yang kerja di sana, bisa masuk kerja karena bapaknya mungkin ya), oke kita lanjut lagi ya, masih banyak kok, santai aja baca nya ya, biar lebih teresap strategi  mantap ini. Nah di saat kita mendapat pelanggan seperti itu disitulah kita mendapat Viral Promotion untuk usaha kita, tau kan apa itu viral promotion,,,? Kalo gak tau, tanya ajha sama google. Microsoft CS uda, Photoshop uda, sekarang kita ke corel draw, kenapa juga harus mengerti corel draw..? karena dengan corel draw kita bisa membuat berbagai macam stempel, seorang pelanggan datang ke toko meminta kita membuat sebuah proposal permohonan kelompok tentunya proposal sudah kita buat tadi kan? Foto sudah kita cetak tadi kan? Sekarang dia malah minta di buatkan stempel lagi, oleh karena demikian lah kita juga harus mahir corel sedikit aja mahir nya biar gak penuh tuh memori kamu tapi kalo lebih juga lebih lebih mantap tentunya bisa bikin desain banner spanduk juga kan (pokoknya penting lah, rasain aja sendiri nanti kalau uda punya toko fotocopy), setelah corel harus bisa nero burning juga (funsginya untuk bakar-bakar ikan tu, untuk di makan heheh), setelahnya lagi nitro PDF9 juga harus bisa (fungsinya buat convert file pelanggan kamu yang minta di buatkan dokumen berformat PDF).


Kesimpulannya adalah

Sudah cukup sampai disini point paling pentingnya. Dan yang paling penting dari yang terpenting tentang strategi sukses menjalani usaha foto copy dengan santai dan rilex sabil menikmani manisnya omzet toko fotocopy adalah Kreatifitas kita, di saat pelanggan datang ke toko kamu minta untuk membuat hal-hal yang belum pernah kamu lakukan, kamu tetap harus menerimanya dengan sigap dan cepat tanpa ragu-ragu, dan disini lah pentingnya ada koneksi internet, dengan demikian hal yang belum kamu tau tadi tinggal kamu cari di google, dan 99,99 % saya yakin kamu akan temukan hal baru bagi kamu tadi 5 menit kedepannya, percaya dengan kata saya, saya sudah buktikan itu.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Strategi Khusus Usaha Fotocopy Dengan Modal Sedikit"