CERPEN IMPIANKU



Terima kasih . . . . mungkin itu yang dapat ku ucapkan,, ya ku ucapkan pada Allah SWT.
Terima kasih atas segala hidayah yang kau berikan, terimakasih atas keberkahan yang kau  berikan.

CERPEN IMPIANKU

            Ini kisah hidupku, ini pengalamanku dan ini impianku,,
Sejak kecil kita pasti punya cita-cita dan sebuah impian,, impian besar yang mungkin tersimpan untuk mengubah masa depan yang indah bukan ?

            Dulu aku ingin sekali menjadi dokter, karena melihat seorang dokter cantik mengobatiku waktu aku sakit,, dokter yang cantik, penuh perhatian, lembut dan aku merasakan kenyamanan dengannya, tersirat di benakku bahwa aku ingin sepeti nya !!! impian yang sangat mulia bukan ??.
Dulu aku ingin menjadi seorang hakim, di benakku tersirat, duduk dengan gagah di depan banyak orang, sangat di hormati dan di segani. .  tapi ada hal yang sangat aku benci dari seorang hakim. Hakim yang mengadili Ibu ku,
            Sedari dulu, ayah dan ibuku mengalami konflik yang tak berujung, pastinya memperebutkan aku yang hanya anak satu-satunya. . . bisa dibayangkan bagaimana bila ada di posisiku !!! rasanya ingin sekali menjadi si Pak hakim itu dan memutuskan untuk “ mereka berdua rujuk, dan permohonan perceraian ditolak”, finally aku tak tersiksa dan tak menjadi korban broken home
            Ibuku bilang bahwa sekarang yang berkuasa bukan hati dan nurani tetapi uang, , , uang yang bias membalikan kenyataan dengan mudah, uang yang bias membeli kebenaran. Saya  punya sebuah keyakinan bahwa pasti masih banyak hakim yang berhati jujur dan memutuskan sebuah perkara dengan fakta. Dan aku ingin diantaranya itu adalah aku.
Ya. . . saya tak pernah mau tahu apa masalah mereka berdua. Yang jelas saya punya sebuah impian yang mulia seorang hakim,,

            Rasa takut selalu menggerogoti hatiku, aku takut tak bisa menggapai semua angan dan cita-citaku, , , lalu setelah itu apa yang bisa aku persembahkan untuk Ibuku ??.
Aku tidak pernah menjadi bintang kelas, prestasi belajarku juga biasa saja. Aku tak pernah mengikuti lomba apapun yang bisa menghasilkan juara dan dipuji banyak orang.
            Aku sempat putus asa dengan kisah hidupku, taka da yang bisa di banggakan,
Tapi,aku bersyukur bisa seperti ini yang mungkin di luar sana masih banyak orang yang nasibnya lebih buruk dariku.

 Saat SMK Aku mengagumi seorang guru muda yang soleh sekali tapi gokil abis, terlahir dari keluarga yang agamis, dan memegang prinsip islam yang kuat,, saya membayangkan bahwa tidak mungkin lagi di dunia ini masih ada laki-laki muda yang masih memegang prinsip itu, , , 
Dari awal aku remaja aku memutuskan untuk tidak mengenal yang namanya jatuh cinta atau jaman sekarang disebut pacaran, , , aku dengan guru muda itu memiliki sedikit kesamaan, , ,
            Kembali lagi ke impian, sejak lama aku memimpikan mendapatkan seorang Imam yang seperti guru muda itu,, tapi lagi-lagi aku merasa tidak percaya diri. . . “mana mungkin orang sepertiku bisa mendaapatkan Calon Imam seperti guru gokil yang soleh itu”.

            Kehadirannya di kehidupanku, membuat aku terpacu dan termotifasi bahwa aku harus bisa mengimbanginya, agamaku harus lebih tebal lagi, jilbabku harus lebih rapat lagi, dan pandanganku lebih terjaga lagi, karena ada sebuah pepatah yang bilang “ yang buruk akan mendapatkan yang buruk pula, dan yang baik akan mendapatkan kebaikan pula”.
Terlihat konyol memang karena awalnya mungkin bukan karena Allah SWT,  awalnya mungkin seperti itu tapi sungguh kehadiran bapak guru gokil itu membuat aku merasa lebih bersinar dalam beribadah, , , saya hanya menjadikan beliau sebagai motivator saya, , , dan InsyaAllah segala sesuatunya karena Allah semata. ^_^ Amiiiiin.

            Kalau bicara soal akhi memang tak kelar-kelar, tapi di pending dulu takutnya ke bablasan dan malah menimbulkan dosa !!! ^_^.

            Well, yang paling penting adalah memimpikan keridhoan alloh, memimpikan bertemu dengan para rosulullah,,,,
Mengenai itu,,, Impian saya adalah menjadi seorang Ustadjah. . . ustdjah yang bisa memberikan contoh dan tauladan yang baik untuk semua orang !!!! . . . .

            Tapi, , , saya berfikir berputar-putar dan berkali-kali bahwa tak mungkin aku menjadi seorang Ustadjah bila kelakuanku masih jauh dari benar !!
Maka dari Itu, , , mungkin Ini Jalan dari alloh SWT bahwa aku harus lebih baik dari yang lalu lalu.

            Sebuah Prinsip Yang slalu saya pegang adalah
·         Memperbaiki akhlak sendiri
·         Setelah saya benar-benar Benar maka akan saya perbaiki akhlah keluarga saya
·         Bila sudah, saya ingin memperbaiki masyarakat di sekitar saya
·         Setelah itu saya ingin memperbaiki sumedang tempatku dilahirkan
·         Lalu setelah itu,saya ingin memperbaiki Jawa barat saya
·         Lalu setelah itu,saya ingin merubah Indonesia saya menjadi lebih baik
·         Lalu setelah itu,saya ingin merubah dunia saya !!!!

Intinya ialah jangan memimpikan hal yang terlalu besar waktu kita masih sangat belia, , , bermimpilah untuk bisa membuat diri pribadi menjadi lebih baik, , , , , karena saat kita tua jangan sampai menyesal karena kita berangan-angan merubah dunia tetapi saat ajal menjemput kita tidak sempat memperbaiki diri !!!!! 

So. . . cerita selanjutnya adalah mengenali diri sendiri, , , seperti apa yang dikatakan motivator saya kang Sandi Abunawas bahwa kita harus mengenali kelebihan dan kekuarangan kita jadi please. . . . . bikin kelebihan dan kekurangan dengan penuh PERCAYA DIRI, , , jangan pernah takut untuk mencoba dan terus berdoa, meskipun sebenarnya sukses itu di tangan ALLAH tapi kenapa tidak kita mencoba untuk berusaha, , kuatkan mental ya, kenapa ?? karena kita akan jatuh bangun menerima kenyataan hidup yang nyata setelah kita Get Out dari School ini.

KELEBIHAN
KEKURANGAN
. Mudah bergaul
Mudah tersinggung
. Cuek terhadap gosip
Gampang marah
. senang bercanda
Susah Menangkap Sebuah Pembicaraan
. senang Berpresentasi
Sedikit malu-malu
. ceria dan tertawa
Mood Yang berubah-rubah
. setia
Pemalas
. Ambisius
Keras kepala
. antusias tinggi
Kekanak-kanakan(manja)
  
            Begitulah sekilas tentang kekuranga dan kelebihan, , , so aku harus bisa membuat kelebihan aku itu bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang ada di diriku !!!
Sukses yang aku mau berarti sama saja dengan cita-cita atau IMPIAN


AKU INGI SUKSES MENJADI          :
1.    Jadi PNS pokonya yang bekrjas sosialisasi
2.    Jadi Istri yang solehah
3.    Jadi ibu idola untuk anak-anak 
4.    PENDAKWAH

Ini sebuah mimpi, mimpi seorang gadis sederhana dan tak punya apa-apa, aku seorang gadis penghayal dan pemimpi, saying mimpi yang sangat indah itu hanya seketika aku rasakan dan apakah mungkin mimpi-mimpi ini terjadi pada gadis sederhana sepertiku ?. Yang tak pernah mungkin terjadi bila tidak ada keajaiban,,,, di dunia yang ramai ini aku hanya berdoa dan berharap Alloh SWT mengabulkan semua mimpiku ini….
  Aku pesimis, aku menyerah, aku tak sanggup lagi berjuang dengan keadaan hidupku yang seperti ini. Ini memang salah Tuhan,,, tapi apa daya, Aku hanya Punya MIMPI,,,, MIMPI untuk bisa menjadi SUKSES, , , SUKSES menurut kriteriaku !!!!!

Apakah kita yakin dengan sebuah keajaiban ???? kalian yakin bahwa orang seperti Ku bisa menggapai cita-cita dengan mengandalkan doa dan keajaiban ???
            Pasti. . ..Pasti. . . Pasti !!! Aku yakin !!

BISMILLAH ^__^, Doakan aku, , , !


=====================================================

CERPEN IMPIANKU II




Hujan sore ini,termenungku dalam kesendirian di jenjang sekolah,kebetulan muridnya sudah pulang sekolah,tiba-tiba saja terpikir di pikiranku tentang masa depanku,akan jadi apakah aku,bagaimanakah masa depanku,apakah aku menjadi orang yang tak berguna,menjadi sampah masyarakat atau menjadi orang terhormat yang dipandang oleh masyarakat,itu terus berputar-putar dalam pikiranku.
Hujan semakin lebat,aku berdiri tegap,berjalan ,dan berlari meninggalkan sekolahku,tak tahu genangan air ku lewati,kuberlari sekencang-kencangnya,seakanku mengejar harapan dan impianku yang  sudah jauh berlari dariku,aku tertinggal,ingin rasanya aku menangis ,menjerit sekuat-kuatnya,tapi aku t
ak bisa,aku hanya bisa menjerit dalam hati ini,kemudian aku terduduk di tengah genangan air,ku kembali termenung.
Tiba-tiba saja,seseorang memegang pundakku dari belakang ,kulihat wajahnya,wajah yang asing bagi ku,wajah yang belum pernah kulihat sebelumnya.Rupanya gagah memakai peci,berkumis tipis dan berjenggot tipis
‘’Kenapa dek’’  katanya. Aku  terpaku memandangnya,dia kembali  bertanya.
‘’Ada apa dek ??ngapain hujan –hujanan disini ???
“Saya telah gagal pak,saya telah gagal.”
“Gagal kenapa?”
“Pokoknya saya telah gagal!”
“Baiklah kalau kamu tidak mau menceritakan  masalah kamu sekarang,kamu udah salat asar. Kebetulan azan ashar baru berkumandang di masjid.
“Belum pak.”
“Ayo ke masjid,salat berjemaah !”
“Iya pak”kataku menuruti kata bapak itu.
            Kami ke masjid dan salat berjemaah,setelah salat aku berdoa ;
Ya Allah,apa yang terjadi denganku,mengapa aku jadi begini,dulu aku tidak seperti ini,….
Dan diikuti doa lainnya.
“Dek ,udah  tenang dek?Katanya.
Udah sedikit pak,jawabku.
Udah mau nyeritain masalah kamu??
Mmm…. Sebenarnya gini pak?
Ehh,tunggu sebentar,jangan panggil pak ya,panggil saja saya bang irfan.
Iya pak,ehhh..maksud saya bang irfan.
Sebenarnya gini,dulu saya anak yang sangat pintar ,sangat kreatif dan paling disanjung oleh guru dan teman-teman saya.tapi sekarang ….
Kenapa sekarang??
Sekarang saya sudah  hancur,ulangan saya selalu gak tuntas,pr sering tidak saya kerjakan ,dan guru selalu memarahi saya,
Kenapa kamu jadi seperti itu?
Entahlah,saya tidak tahu,mungkin karena orangtua saya terlalu memaksakan saya belajar,sehingga saya menjadi suntuk,setiap jam setiap detik saya disuruh belajar oleh orangtua saya,tidak ada waktu untuk bermain apalagi bersantai.
Sebenarnya,orangtua kamu ingin kamu sukses ,ingin kamu maju,tapi caranya salah,belajar terus menerus menbuat otak kita menjadi suntuk,memang benar kata kamu.
Abang bisa  gak cari solusi agar saya kembali seperti dulu,tapi belajarnya gak di paksain?
Insyaallah bisa dek,gini…..
Baru saja bang irfan menjelaskan solusinya,hp nya berbunyi.
            “Tunggu bentar  ya dek!”. Aku mengangguk.
Bang irfan mengangkat teleponnya,laluuu….
Maaf ya dek ,abang mau pulang sekarang,ada urusan di rumah abang.
Owh,iya bang. Jawabku agak kecewa.
Besok kita ketemu lagi ya di masjid ini ,saat solat ashar.
Baik bang .
Oh ya,nama adek siapa?
Dayat bang .
oh ,dayat, abang pulang dulu ya.
Assalamualaikum
Walaikumsalaam ,jawabku .
Bang irfan pun keluar dari masjid dan menghilang dari pandanganku,aku termenung lagi,sepertinya hidupku dipenuhi oleh kemenungan.
Dalam menungku ,aku terfikir tentang solusi  yang akan diberikan oleh bang irfan,aku penasaran,bisakah aku kembali seperti dulu.apakah  solusi yang akan diberikan oleh bang irfan.mudah-mudahan saja bang irfan bisa memberi aku solusi,semangatku untuk mejalani hidup ini mulai muncul lagi,aku pun pulang ,sesampainya di rumah aku menghempaskan tubuhku di atas kasur.aku terlelap.
Besoknya pada waktu solat yang sama,aku menunggu bang irfan,tapi kelihatannya dia tidak jadi datang,aku mulai kecewa,baru saja aku berdiri hendak pulang,bang irfan datang.
Tunggu bentar  ya ,abang mau solat dulu.kata bang irfan.
Iya bang .jawabku
Setelah bang irfan siap solat,aku langsung bertanya tentang solusi tsb,bang irfan menjelaskan.
Begini yat,sebelumnya abang mau nanya dulu,boleh ?
Boleh,nanya apa?
Kamu  sering gak beribadah kepada allah swt?  terus yang kedua ,kamu penah gak melawan pada orang tua kamu masalah pembelajaran ini ,walaupun didalam hati,dan yang ketiga kamu yakin gak mau berubah seperti dulu lagi?
Saya menjawab petanyaan pertama kedua dan ketiga tidak,iya,dan iya.
Langkah pertama agar kamu menjadi seperti dulu lagi yaitu dengan mendekatkan diri kepada allah swt,dengan beribadah kepadanya,yang kedua jangan pernah kamu melawan pada orangtuamu,segeralah meminta maaf ,dan yang ketika kamu harus memiliki tekat yang bulat kalau kamu akan kembali seperti dulu lagi.
***
Malam harinya,aku pergi ke hadapan orangtuaku yang sedang bersantai di ruang tamu untuk meminta maaf dan menjelaskan maksudku ke orang tuaku,
Ma ,pa,dayat ingin bicara ,boleh gak.
Boleh,emang nya kamu mau ngomong apa?kata mama.
Dayat ingin kalau mama dan papa tidak terlalu memaksakan dayat belajar,dayat gak bisa terus-terusan belajar tanpa ada istirahat,lihatlah sekarang akibatnya,dayat jadi anak yang bodoh di antara murid yang lain.memang sih ,belajar itu membuat kita pintar,tapi kalau dipaksain otak kita akan suntuk ma,pa.
Mama dan papa saling bertatap muka dan termenung sejenak.lalu papa memecah kesunyian yang baru saja terjadi,
Baiklah yat ,kalau gitu ,papa dan mama gak akan maksa kamu untuk brlajar terlalu keras.
Papa dan mama gak marah kan.
Gak kok ,papa dan mama gak marah ,malahan papa minta maaf karena telah memaksa kamu untuk belajar.
Enggak papa kok pa?
Mulai saat itu saya melakukan apa yang disarankan oleh bang irfan,di mulai dari beribadah kepada allah,dan rajin belajar tapi gak di paksa.Dan ternyata berhasil,aku kembali seperti dulu lagi.
Lihatlah,nurul hidayat telah bangkit kembali dari peristirahatannya,aku akan memacu impian yang telah jauh lari dariku,aku ingin menggapai cita-citaku yang cemerlang.
Terimakasih ya allah engkau telah mengirimku malaikat berwujud manusia yang sangat membantuku,terima kasih mama dan papa,dan teristimewa terimakasih bang irfan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CERPEN IMPIANKU"

Posting Komentar