Tutorial Dasar Belajar Main Gitar


Hai sobat2 Chord Iyanz14!
Kali ini mungkin sedikit agak berbeda dari sebelumnya, jika sebelumnya gue share2 Chord Gitar, kali ini gue coba sharing Tutorial Dasar Belajar Main Gitar buat sobat2 yang pengen bisa main gitar :D
Sebenernya sih main gitar tuh gampang2 susah ya, yang penting kitanya harus suka dulu sama gitar dan bener-bener pengen bisa (bukan cuma sekedar bisa), dijamin klo bener2 niat mah dengan tidak memakan waktu yang lama, Dasar-dasar Main Gitar akan kalian kuasai!!
Nih gue punya sedikit tips nya..

1. Harus punya gitar sendiri biar bisa belajar tiap hari di rumah. Kalo gk pnya, beli. Gk usah yang mahal2, yang sedeng aja, minimal kurang lebih 250 ribuan, ya lebih bagus langsung beli yang mahal, kan biasanya yang mahal itu kualitasnya terjamin bro, sekitar diatas 500rb/1jt, jadi ntar kalo udah jago kgk usah beli lagi. Kalo kira-kira dah nemu gitar yang sobat pengenin, check dulu, jangan asal ambil trus kasih duit trus pas di coba di rumah ternyata gak sesuai sama apa yang bro2 harepin, bisa ajakan grip nya ada yang gk pas, ujung2 nya jdi fals trus dah dll. Liat gitar jangan dari luar (tampilan) tapi suaranya, check dulu, coba sobat stem sedikit, atau coba mainin bentar, kalo kira-kira menurut sob udah mantep tu gitar! baru ambil tuh gitar. Satu lagi, saya saranin cari gitar yang gripnya banyak (21) dan bisa kejangkau sama jari2 ente, suatu saat kan bisa aja sobat pake buat main melodi dan nyampe ujung (yang ada lekukan nya di ujung grip).

2. Belajar kunci2 dasar dulu. Kunci C, G, A, D, E, F, Am, Em, Dm, Bm <.... apalin duluh tuh kunci sampe semua senarnye bunyi (gk ada yg miss), blom bunyi2? Wajar baru belajar, sabar ntar juga bunyi sendiri. Kalo udah apal dan udah bunyi, coba gabungan tuh chord contoh: C Am Dm G, coba mainin sambil di genjreng sambil pindah2 chord dikit2 smpe lancar, udah lancar tambah lagi chordnya. Harus sabar, enggak ada yang instan, jadi butuh proses yang cukup lama buat main gitar, tapi kalau yang jiwa pemusiknya udah ada, gak akan lama juga udah bisa. Lagu yang pas buat belajar pindah2 chord noh lagu Kuburan Band - Lupa-lupa ingat, tau kan? Chordnya enggak sulit, di reff nya aja secara enggak langsung ngajarin kita buat pindah2 chord (C Am Dm ke G ke C lagi dll), atau cari lagu lain yang kira-kira pas buat belajar pindah chord (Peterpan - Semua Tentang Kita, Gaby - Tinggal Kenangan dan masih banyak lagi)

3. Belajar kunci2 Gantung.Mungkin lumayan sulit buat pemula. Kunci gantung itu adalah dimana kita menempatkan satu jari kita yaitu telunjuk di satu fret (contoh: fret ke 3, kunci gantung G), jadi jari telunjuk menekan semua senar di satu fret dari senar 1 sampe 6, gunanya untuk menaikkan sebuah nada (bisa di bilang kaya kapo) dah gitu jari tengah di fret ke 4 senar ke 3 (senar di itung dari bawah) jari kelingking di fret ke 5 senar ke 4, jari manis di fret ke 5 senar ke 5.
Kya gini nihh..

4. Belajar ngulik lagu!. Nah di step ini dimana kita mulai menggunakan feeling untuk mendapatkan sebuah chord gitar. Didalam mencari chord gitar, feeling sangat berperan untuk mendapatkan sebuah nada. Kalo yang feelingnya udah peka banget sama nada, udahlah itu mah di jamin, asal ketemu nada dasar, kesana-kesana nya juga insyaallah bakalan ketebak chordnya! Kalo urusan feeling, biasanya itu mah datengnya dengan sendiri, kadang bisa secara gak sengaja, atau karna sering denger lagu dan ngulik, akhirnya enggak susah dapet chord gitar sendiri. Belom bisa ngulik? Cari di mbah google, tentunya di web blog ini XD, liat jangan cuma asal liat, teliti dulu, kira2 dapet darimana nih ko chord ini bisa kesini bla bla bla... ntar juga tau sendiri. Yang terpenting biasain ngulang2 setel lagu, trus coba2 tebak chordnya.

5. Belajar dasar petik senar gitar. Part ini dimana jari jemari kita mulai di pekerjakan dan fokus. Cari dah di web cara dasar petik senar gitar, enggak susah ko. Gue aja waktu itu ikut eskul seni dan pengen bisa dasar petik gitar, trus guru seninya nyuruh petik senar no 1 2 3 secara berurutan trus menerus selama seminggu, gw lakuin apa yang di bilangin, dan akhirnya jeng jeng jeng! gue bisa :D (Ciusdah). Dalam belajar yang harus di no 1 in yaitu Sabarrr smpe bisa! Kalo udah bisa dasar petik gitar, ntar tinggal kita kembangin sendiri trus bisa belajar main fingerstyle. Fingerstyle, ada dua fokus yang harus di perhatikan, yaitu jari kanan kita yang memetik, dan penempatan jari kiri sebagai chord. Buat belajar dasar fingerstyle pake lagu White Lion - When The Children Cry enggak terlalu susah juga atau yang lain kek Fingerstyle nya lagu Peterpan - Semua Tentang Kita, nah tuh lumayan cocok buat pemula. Cari di youtube banyak.

Sebenernya masih banyak lagi yang mau gue ketik, tapi sementara cukup segini dulu lah, udah lumayan cangkeul, ntar dah di tambahin lagi biar lengkap. Jadi intinya belajar gitar yang paling utama yaituu SABAR dan harus bertahap (step by step) yang mudah-mudah dulu.

Nah cukup sekian artikel dari gue, sebernya ini mah bukan tutorial, hanya sekedar sharing info apa yang gue tau tentang gitar aja.
Tuto tentang gitar lainnya gue share kapan2..
Semoga bermanfaat sob!
Yang mau nanya2 monggo di comment..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tutorial Dasar Belajar Main Gitar"