ALUR CERITA FILM Shot Caller (2017)

 Jadi sebelumnya temen gua memberikam beberapa list film yang baru ia Download. Salah satunya Shot Caller. Gua tidak pernah mendengar film ini sebelumnya dan tanpa membaca sinopsisnya, gua langsung tonton saja filmnya. Buat gua, menonton film antah berantah yang gua tidak tahu sebelumnya, menambah rasa puas tersendiri ketika film itu bagus. Karena kita tidak ada ekspektasi sebelumnya.

ALUR CERITA FILM Shot Caller


Balik lagi ke filmnya, awalnya gua sedikit meremehkan film ini, dari judulnya saja sudah jelek, dan gua sempat sedikit tidak fokus diawal awal film. Dan baru sadar, ternyata ini film dengan alur cerita 2 narasi berbeda. Yaitu kehidupan Harlon “Money” ketika awal masuk penjara dan sesudah lepas dari penjara. Bahkan, karena tidak fokusnya gua diawal, gua sempat mengira bahwa “Money” dan Harlon adalah dia orang yang berbeda. Maklum gua gak mencari tau dulu tentang film ini sebelumnya, bahkan membaca sinopsisnya. Tapi itu juga karena penampilan Harlon yang rapih tak berkumis, serta Money yang sangat berbeda dengan kumisnya yang menurut gua sekilas mirip Asterix dan badannya pun kekar.


Selain itu akting Nikolaj Coster-Waldau dalam memerankan sosok awal Harlon yang masih menjadi seorang pebisnis sukses biasa yang cenderung Cupu, bahkan di awal ia masuk penjara terlihat sekali begitu takutnya ia dengan dunia barunya didalam penjara. Namun tiba tiba Nikolaj bisa merubah image Harlon yang cupu itu menjadi sosok Money yang begitu mengerikan, dari ekpresi wajahnya, cara dia mengintimidasi lawan bicara dan tatapan tajamnya. Itu yang membuat gua awalnya tidak menyadari bahwa dua orang itu adalah sosok yang sama. Karena gua sedikit kurang fokus juga sih hehehe.


Ya, memang menonton ini kita harus fokus, apalagi ini film 2 Narasi. Hilang fokus saja, kita tidak akan tau, ini siapa dan siapa, kenapa dia begini dan point point lainya.


Film ini sendiri bercerita tentang sosok Harlon “Money” yang hidupnya berubah total sejak dia mengalami kecelakaan mobil, akibat mengendarai dalam keadaan mabuk dan mengakibatkan rekanya meninggal sehingga ia dihukum dalam penjara dan meninggalkan seorang istri Kate ( Lake Bell) & satu anaknya Joshua (Jonathan Mclendon). Dan kehidupan dipenjara inilah yang merubahnya seperti “Kucing biasa menjadi seekor singa”. Seperti quote yang ada difilm ini tentang penjara itu “a place like this forces us to become warriors or victims. Nothing in between can exist here.” dan Harlon memilih untuk menjadi pejuang.


Harlon bener bener masuk kedunia yang berbeda setelah dipenjara dan ia memilih bergabung dengan gansgter, terlibat dalam pembunuhan dan perdagangan sejata. Gua suka kata kata Howie (salah satu anggota gang termuda) saat disebuah restoran bersama Harlon, ia mengatakan bahwa dia tidak bisa membayangkan sosok Harlon sebelumnya dengan mengenakan Jas rapih hahaha. ya, guapun demikian, karena begitu meyakinkanya Nikolaj dalam memerankan sosok Money.


Selain itu Nikolaj juga mampu meyakinkan kita meski dia sudah jauh berbeda tapi dia tetap punya hati dan perhatian sayangnya terhadap istri dan anaknya, kita bisa lihat ketika anaknya Josh menemuinya, namun Money meminta dia menjauhinya itu bertujuan untuk melindungi mereka, dan sosok Money itu masih bisa menangis setelah mengusir anaknya. Terlihat juga kesedihan Money saat dipenjara dan memandang foto foto keluarganya yang tetap ia panjang. Dan di akhirnya pun ia sangat emosi ketika Beast mengancam ingin membunuh anak dan istrinya.


Namun sayang, sosok Kate & Josh kurang dieksplore, itu salah satu kekurangan yang membuat ada rasa kurang greget sedikit. Selain itu sosok Money saat dipenjara juga kurang dieksplore bagaimana penyiksaan terhadap dirinya sehingga ia berubah total, yang kita lihat hanya sosok Harlon yang cupu lalu berubah menjadi Money sangat disegani diantara para narapidana lainya. Tapi beruntung akting Nikolaj bener bener meyakinkan.


Menurut gua ini film underrated yang lumayan bagus, unsur keteganganya ada, actionya ada, dan mengajak kita untuk selalu fokus dalam menonton ini, drama nya pun ada. Tapi ya kekuranganya menurut gua kurang GREGET.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALUR CERITA FILM Shot Caller (2017)"